Fridayana Baabullah

Sabtu, Februari 26, 2011

Penipuan SMS berkedok Orang Tua

Baru saja saya terima sms dari nomor 081998272471 yang berisi permintaan isi pulsa ke nomor tertentu. Dia mengatakan bahwa dia bapak saya dan sedang ada di kantor polisi. Dan ditekankan bahwa saya jangan dulu telpon balik.

Dilihat dari isinya tentu saja berusaha membuat si penerima sms ini akan panik dan segera mengirimkan pulsa. Heuheu, nice try.

Alhamdulillah, context yang dibuat si penipu itu tidak cocok dengan situasi saya. Bapak saya tak pernah lagi pakai HP apalagi ngesms dengan huruf yang disingkat-singkat.

Berhati-hatilah jika menerima sms seperti ini, jangan mudah panik. Isi sms selengkapnya adalah sebagai berikut:

Ini bpk lg pinjam Hp org,tlong beli'in bpk pls 50rb k nomor ini 085213185808, bpk lg ada mslh d kntr polisi.jgn dtlpn/sms dl nnti bpk yg tlpn,skrng pnting.

Label:

Minggu, Februari 20, 2011

Serunya Ngemix ExtJS dan Facebook

Facebook kini sedang berada di putaran roda atas, lagi populer. Jutaan orang menggunakan Facebook. Kebanyakan digunakan untuk upload foto dan update status. Dan dengan baik hati, facebook mempublikasikan API untuk semua fungsionalitasnya yang disebut Graph API. Dengan Graph API, semua data yang ada di dunia facebook dapat diakses dari mulai profile, event, photos, groups, wall, application, namun tentu saja jika user yang bersangkutan mengijinkan.

Kebetulan Graph API tersebut juga tersedia untuk javascript. Dengan begitu, tanpa memiliki teknologi server-side semacam PHP, kita bisa langsung berinteraksi dengan API tersebut. Misalnya hanya dengan sebuah index.html saja. Heuheu, mantaf tuh.

ExtJS adalah javascript libraries yang menyediakan widget web yang sangat kaya. Widget ExtJS tersedia dari mulai TextField, ComboBox, Spinner, Panel, Grid sampai Window. Sangat menyenangkan bermain dengan ExtJS karena tanpa sedikitpun ngoding CSS, kita bisa mendapatkan tampilan yang wah, hehe *males ngoding CSS*. Bahkan ngoding JS nya pun bisa sangat-sangat sedikit, karena ExtJS telah menyiapkan semua property dan method default sehingga hanya dengan sebuah konfigurasi minimal, kita dapat langsung mendapatkan hasil yang oke.

Facebook dan ExtJS banyak beroperasi menggunakan data JSON sehingga akan menjadi hal yang seru dan mudah jika di mix neh. Iseng-iseng saya coba membuat sebuah window yang akan menampilkan daftar news feed kita. Dan hasilnya lumayan oke.

Facebook API yang digunakan adalah sebagai berikut:

  • /me - Untuk mendapatkan nama user yang sedang login
  • /me/home - Untuk mendapatkan list news feed user tersebut

Komponen ExtJS yang digunakan adalah sebagai berikut:

  • Ext.Window - Untuk menampilkan keseluruhan tampilan
  • Ext.grid.GridPanel - Untuk menampilkan news feed dalam bentuk grid

Ini dia tampilannya:

Download Source Code (3KB)

Label:

Sabtu, Februari 19, 2011

Pertanyaan Abadi Sepanjang Masa

Pernyataan berikut ini akan selalu menjadi pertanyaan abadi sepanjang masa:

Apakah manusia mengira, bahwa Kami tidak akan mengumpulkan (kembali) tulang beluangnya?

Dan jawabannya:

Bukan demikian, sebenarnya Kami Kuasa menyusun (kembali) jari jemarinya dengan sempurna. {taken from QS:Al-Qiyaamah 3-4}

Tentu saja ketika mati, raga menjadi hancur mungkin bercampur menjadi tanah. Tulang berserakan atau bahkan musnah. Mungkin kita berpikir hal tersebut akan menjadi sesuatu yang mustahil untuk disempurnakan kembali. Heuheu, padahal proses tersebut mungkin sama susahnya dengan menciptakan kita (manusia) hanya dari bercampurnya dua sel saja.

Mungkin analogi lain dapat dipelajari juga. Saya pernah mengeringkan biji-biji satu buah cabe rawit. Biji2 itu saya biarkan kering sama sekali selama berbulan-bulan (ingat, kering loh, mungkin sama keringnya dengan tubuh kita setelah mati berbulan-bulan). Lalu minggu lalu saya sesakkan kedalam pot, lalu disiram-siram. Tiba-tiba tumbuh tunas, luar biasa. Subhanallah

Label:

Minggu, Februari 13, 2011

Wayang Golek Asep Sunandar Sunarya

Wayang Golek adalah kesenian sandiwara wayang khas dari Pasundan/Sunda. Dalang yang paling sering saya dengar sehari-hari adalah Pak Asep Sunandar Sunarya. Seperti wayang lainnya, cerita bersumber dari cerita ramayana dan mahabarata (Hindu). Namun kini banyak disesuaikan dengan ajaran Islam seperti yang dilakonkan oleh pak Asep Sunandar. Dalam wayang golek juga muncul karakter baru yang namanya Cepot, padahal di cerita Ramayananya gag ada sama sekali yang namanya Cepot.

Di keluarga, yang sering menyimak wayang golek baik dari radio maupun tv adalah kakek saya (almh) yang ternyata menurun kepada kakak saya. Saya dari kecil tak begitu tertarik sama wayang golek. Bikin ngantuk dan gag ngerti. Solanya gak kenal tokoh2nya.. Yang tau cuma cepot doang.

Tapi semenjak dikasih rekaman2 dari temen, kok saya jadi makin suka dengerin wayang ya,, heuheue.. Saya perhatikan banyak sekali hal-hal yang membuat saya kagum dalam satu kali pertunjukan wayang golek, apalagi wayang golek semalam suntuk. Saya kagum karena secara teknis, dalang adalah orang yang cerdas dan tentu memiliki fisik yang kuat (bayangin aja semalam suntuk, tanpa sedikitpun kelihatan ngantuk bisa memainkan puluhan karakter dengan sangat bersih). Perlu juga keterampilan untuk melempar humor2 yang cerdas. Dalang sangat terampil membawakan cerita hingga kita tak sadar bahwa dari sekian tokoh wayang (bisa sampai puluhan tokoh) yang tampil ternyata di dubbing hanya oleh satu orang saja. Gile, dengan begitu sang dalang perlu menjadi masing-masing tokoh secara mendalam (dan tokoh tersebut terkadang memiliki karakter yang sangat bertolak belakang). Belum lagi jika terlibat dalam percakapan antar tokoh yang hampir bersamaan. Belum lagi tim latar musik, sinden dan lainnya yang harus mengalir sesuai dengan cerita yang dibawakan. Bagi saya, dalang adalah seorang yang cerdas dan jenius.

Disamping itu, banyak nasehat dan pelajaran yang dapat diambil dalam cerita wayang tersebut. Namun sayang sekali apresiasi pemerintah terhadap kesenian ini sangatlah kurang.

Semalam saya senang sekali karena kebetulan saat dengerin radio, RRI Jakarta sedang menanyangkan live pertunjukan wayang semalam suntuk dengan dalang pak Asep Sunandar Sunarya dalam rangka HUT Radio ampe jam 3 pagi. Heuhue,,, mantaf ceritanya, begitu seru, sangat berkualitas.. Huff, tak sabar saya menunggu pertunjukan wayang golek lainnya.

Label:

Cinta Kasih dalam Ibadah Kurban

Kalo saya pikir-pikir ibadah kurban pada hari raya Idul Adha begitu sarat makna. Ibadah kurban ini dilakukan oleh berjuta muslim di semua penjuru dunia pada hari yang sama, dengan pelaksanaan yang sama pula karena memang panduannya jelas dan sama. Sebuah ibadah massal. Di Indonesia, hampir setiap kampung melaksanakan hal ini, sekali lagi setiap kampung loh. Kalo diitung-itung kampung di Indonesia kan tau sendiri jumlahnya berapa. Bagi yang mampu hukumnya wajib. Bagi yang melaksanakannya akan merasa lega, plong dan bahagia bisa membantu sesama, bagi yang menerima pun merasa berbahagia.

Bukan hanya menggambarkan cinta kasih sesama manusia, tetapi real bukan hanya gambaran. Bernilai sosial sangat tinggi. Semua orang terlibat bersuka cita, tua muda, subhanalloh keren sekali. Daging kurban yang dibagi-bagi kan memang hal yang benar-benar dibutuhkan bukan hanya sekedar bunga dan sekotak cokelat mewah.

Label:

Pasar Kaget Jalan Juanda Depok

Hampir di setiap kota, terutama pada hari minggu, pada jalan utama biasa digelar yang namanya surprise market aka pasar kaget :D. Misalnya di Ciamis dapat ditemui di sekitar alun-alun ciamis atau lebih tepatnya di taman raflesia ciamis. Kemudian kalo di kota Bandung tersebar di sejumlah titik seperti di lapangan Gasibu, lapangan Tegal Lega, di daerah Samsat atau bahkan di jalan utama beberapa perumahan besar di bandung misalnya Buah Batu Regency atau di  Arcamanik.

Nah di Depok juga ternyata ada neh pasar kaget semacam begitu. Ya standar pasar kaget jualannya seputar pakaian, aksesoris, makanan sarapan atau bahkan barang yang aneh pun kadang ada. Sebagaimana yang diceritakan temen, pasar kaget di Depok yang cukup terkenal katanya ada di Jalan Juanda Depok. Saya sendiri sebelumnya belum pernah kesana, baru tadi pagi sempet jalan kesana jeung babaturan (Fuja Yoga Nusantara).

Rame banget, jualannya beragam. Saya seperti biasa gag beli apa2, cuman liat-liat duang, makan ketoprak kekekekkk.. Jalannya macet, jadi rencana awal lari pagi berubah drastis jadi jalan-jalan heuheuhue..

Label:

Sabtu, Februari 12, 2011

Wall Foto Mall Luar Negeri

Online Photo Editing by PhotoFunia.Com
Doh, semena-mena neh tiba-tiba jadi wall foto mall.

Label: ,

Minggu, Februari 06, 2011

Killing Me Inside - Biarlah

Semua yang berlalu
Telah menjadi kenangan
Dan seakan kulupakan
Karena ku tak sejalan

Wowowo . . . .

Dan tak mungkin ku bertahan
Meski telah ku coba
Semuanya tak berguna,
Terbuang sia-sia

Dirimu dihatiku sudah terlalu lama
Biarlah ku mencoba untuk tinggalkan semua

Wowowo . . . .

Dan tak mungkin ku bertahan
Meski telah ku coba
Semuanya tak berguna
Terbuang sia-sia

Dirimu dihatiku sudah terlalu lama
Biarlah ku mencoba untuk tinggalkan semua

Dirimu dihatiku sudah terlalu lama
Biarlah ku mencoba untuk tinggalkan semua

Dirimu dihatiku sudah terlalu lama
Dan biarlah ku mencoba untuk tinggalkan semua

Huehue, senyum atuhhh :)

Label: , ,

Kamis, Februari 03, 2011

Kenapa Saya Tidur Ngiler?

Mungkin kita bertanya-tanya kenapa saat terbangung tidur pipi kita tiba-tiba terasa basah dan beraroma khas. Atau basahan tersebut telah mengering di sekitar bibir sehingga membentuk serbukan putih, heuhue. Jangan geli dulu, itu berarti kita ngiler (berliur) ketika tidur, kalau dalam basa sunda na mah ngadahdir :D.

Saya coba memperhatikan kenapa kadang saya ngiler dan kadang pula saya tidak ngiler dikala tidur. Ternyata ada korelasinya antara makan dan ngiler. Ketika saya tidur dalam kondisi lapar atau belum makan, maka saya tidur ngiler. Tetapi jika dalam tidur dalam kondisi yang tidak lapar alias makan terlebih dahulu, saya tidak ngiler. Dan semalam saya lupa enggak makan malam...

Heuhue, menarik nih.. Silakan share yang punya pengalaman unik lainnya yaa... :D

Label: , ,