Fridayana Baabullah

Minggu, Februari 20, 2011

Serunya Ngemix ExtJS dan Facebook

Facebook kini sedang berada di putaran roda atas, lagi populer. Jutaan orang menggunakan Facebook. Kebanyakan digunakan untuk upload foto dan update status. Dan dengan baik hati, facebook mempublikasikan API untuk semua fungsionalitasnya yang disebut Graph API. Dengan Graph API, semua data yang ada di dunia facebook dapat diakses dari mulai profile, event, photos, groups, wall, application, namun tentu saja jika user yang bersangkutan mengijinkan.

Kebetulan Graph API tersebut juga tersedia untuk javascript. Dengan begitu, tanpa memiliki teknologi server-side semacam PHP, kita bisa langsung berinteraksi dengan API tersebut. Misalnya hanya dengan sebuah index.html saja. Heuheu, mantaf tuh.

ExtJS adalah javascript libraries yang menyediakan widget web yang sangat kaya. Widget ExtJS tersedia dari mulai TextField, ComboBox, Spinner, Panel, Grid sampai Window. Sangat menyenangkan bermain dengan ExtJS karena tanpa sedikitpun ngoding CSS, kita bisa mendapatkan tampilan yang wah, hehe *males ngoding CSS*. Bahkan ngoding JS nya pun bisa sangat-sangat sedikit, karena ExtJS telah menyiapkan semua property dan method default sehingga hanya dengan sebuah konfigurasi minimal, kita dapat langsung mendapatkan hasil yang oke.

Facebook dan ExtJS banyak beroperasi menggunakan data JSON sehingga akan menjadi hal yang seru dan mudah jika di mix neh. Iseng-iseng saya coba membuat sebuah window yang akan menampilkan daftar news feed kita. Dan hasilnya lumayan oke.

Facebook API yang digunakan adalah sebagai berikut:

  • /me - Untuk mendapatkan nama user yang sedang login
  • /me/home - Untuk mendapatkan list news feed user tersebut

Komponen ExtJS yang digunakan adalah sebagai berikut:

  • Ext.Window - Untuk menampilkan keseluruhan tampilan
  • Ext.grid.GridPanel - Untuk menampilkan news feed dalam bentuk grid

Ini dia tampilannya:

Download Source Code (3KB)

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]



<< Beranda