Fridayana Baabullah

Minggu, November 28, 2010

Wah Segernya Es Tebu Pondok Cina

Tebu dikenal sebagai bahan baku pembuat gula pasir. Dulu sewaktu saya masih diasuh kakek dan nenek di Bolenglang, kami cukup sering ngala tebu untuk dikepah heuheuhe. Dalam basa sundanya tebu itu disebut tiwu. Rasanya manis segar.

Tampaknya sejak saat itu sudah jarang lagi melahap tebu sampai tadi pagi saya ngiler ngeliat ada yang jual es tebu di pondok cina. Setelah seger-segeran keliling UI, saya mampir buat beli satu cup es tebu. Bener2 asli tebu yang di peras pakai mesin sederhana. Harganya murah cuman Rp. 3.000 per cup.

Seger pisan lah, pelepas dahaga dan lelah... heuheue.

Yang menarik adalah tebu ini tumbuh di tanah. Yups tanah yang kalau kita jilat rasanya pahit. Tapi yang kita rasakan dari tebu adalah manis. Huh, the creator of this things must be a great thing.

Label: , , ,

Sabtu, November 27, 2010

Quote Menarik dari Film Avatar 3D


This is why we're here: because this little gray rock sells for twenty million a kilo.

Label: ,

Sabtu, November 20, 2010

Saya Menyesal

Suatu saat, saya mungkin pernah merasakan suatu kebungahan yang begitu membuncah ketika terpesona oleh seseorang. Begitu menariknya hingga saya mulai sedikit mengikuti dan berusaha menjadi seseorang yang menarik baginya pula. Saya rela melakukan apapun agar dia senang. Kebungahan ini akan semakin membuncah ketika tanda yang saya sampaikan kepadanya diterima dan direspon dengan menyenangkan. Weugh, dunia serasa milik berdua.

Well, its a normal thing. We are human. Kita diberi anugerah untuk saling menyayangi, butuh penerimaan dan tempat untuk berlindung. Dusta jika kita mengingkarinya.

Akan sangat menjadi sesuatu yang baik, lebih baik jika kebungahan tersebut diiringi dengan peningkatan kualitas di berbagai aspek kehidupan kita. Sayang jika hal ini malah menurunkan kualitas, prinsip, ketaatan kita hanya karena ingin mendapatkan hatinya.

Inilah yang pernah terjadi pada diri saya. Saya hampir kehilangan prinsip, bahkan saya rela melanggar batasan2 yang memang seharusnya saya pelihara deminya. Memang hal itu berhasil membuatnya terpesona, tapi tak pernah mampu bertahan. Akhirnya saya terpojok, merasa bersalah atas perbuatan itu. Benar-benar menyesal.

Astagfirullah, ya Allah yang Maha Penyayang, Maha Pengasih saya mohon Engkau jaga keluarga kami dengan perlindungan-Mu yang kokoh agar selalu berada dalam jalan keridhaan-Mu, dalam koridor-Mu selalu selamanya. Gagalkanlah segala usaha yang akan membawa kami keluar dari tuntunan-Mu. Ampunilah dosa-dosa kami. Amin Ya Robbal Alamin.

Label:

Kamis, November 18, 2010

Hujan

Maka terangkanlah padaku tentang air yang kamu minum.

Kamukah yang menurunkannya dari awan ataukah Kami yang menurunkan?

Kalau kami kehendaki niscaya Kami jadikan dia asin, maka mengapakah kamu tidak bersyukur?

Label:

Rabu, November 17, 2010

20101117 06:51

Many project teams make the mistake of trying to the analysis and design for all the system usage scenar ios before and coding begins. This if often referred to as big design up front or BDUF. The problem with BDUF is that in any product design process there is a chance you will get it wrong. Without meaningful testing and feedback, your ultimate design is likely to be very flawed. One myth about UML and OOA/D is that you need a complete design in order to write code. You dont. You just need enough of the design to get you started. So, designing and implementing software one usage scenario at a time, so that users can provide feedback on the end product, is a smart way of fleshing out a better design.

Label:

20101117 06:49

Once you know what the objects involved are, and what each object is doing in the execution of that scenario, you have enough information to start implementing the code needed to satisfy the scenario

Label:

Minggu, November 14, 2010

Track Yang Bikin Semangat dan Optimis

Mmm, ni dia track yang bisa bikin semangat dan optimis..

  • DMasiv - Jangan Menyerah
  • Dewa 19 - Petuah Bijak
  • Coldplay - Fix You
  • Gita Gutawa - Melangkah Lagi
  • Bondan feat Fade2Black - Kita Selamanya
  • Padi - Djarum Cokelat

Any others track?

Label:

Sabtu, November 13, 2010

Memilih Kegiatan Yang Disukai

Mmm, mulai sedikit mengerti kenapa harus memilih pekerjaan yang memang kita sukai. Tak hanya sekedar terima kerja saja. Memang akan ada banyak sekali argumentasi tentang hal ini, saya tau dan saya juga paham.

Ilustrasi ini didapat tadi di gramed iseng2 baca buku2 aneh heuheu. Kura-kura diajak balap dengan kelinci di perbukitan. Tentu saja sang kelinci yang menang. Lalu kura-kura menantang untuk balap dengan rintangan sungai. Bagi kura-kura, sungai bukanlah rintangan. Kura-kura menang, kelinci kalah.

Lalu keduanya berfikir, bekerja sama untuk melewati perbukitan dan sungai. Saat diperbukitan kelinci menggendong kura-kura. Saat tiba di sungai, kelinci berpegangan ke punggung kura-kura. Dan mereka berhasil menyelesaikan semuanya.

Label:

Kita Selamanya

Dengar pertama kali lagu ini pas mampir ke AlfaMart di Ruko Kartini. Gag ngerti siapa yang nyanyi, tapi langsung suka. Curiga sih dibawain sama Bondan, soalnya ada rapper di sela lagu.

Tadi pagi, radio tetangga kebetulan muterin lagu ini lagi. Saya ingat2 liriknya, lalu search. Ternyata benar, lagunya Bondan Prakoso.

Liriknya bikin merinding, ada semangat, berjiwa muda, persahabatan. Musiknya simple, asyik. Bagian yang saya suka diantaranya reff yang dinyayiin rame2. Nuansa baru di musik tanah air. I like it!

Label:

Jumat, November 12, 2010

Biarkan Orang Lain Menyelamatkan Muka

Fred Clark dari Harrisburg, Pennsylvania, menceritakan sebuah insiden yang terjadi di perusahaannya: "Pada salah satu rapat produksi kami, seorang wakil presiden mengajukan pertanyaan langsung kepada salah satu supervisor produksi kami, sehubungan dengan satu proses produksi. Nada suaranya agresif dan ditujukan untuk memaparkan hasil kerja yang salah dari pihak si supervisor. Karena tidak ingin dipermalukan di depan rekan-rekannya, sang supervisor menjadi banyak mengelak dalam respons-responsnya. Hal ini menyebabkan si wakil presiden jadi hilang sabar, memaki si supervisor dan menuduhnya berdusta."

"Hubungan kerja apa pun, yang mungkin sudah berlangsung sebelum pertemuan ini akan menjadi hancur hanya dalam waktu singkat. Supervisor ini, yang pada dasarnya adalah seorang pekerja yang baik, sejak saat itu menjadi seorang yang tidak berguna bagi perusahaan kami. Beberapa bulan kemudian dia keluar dari perusahaan kami, di mana saya mengerti dia melakukan pekerjaan bagus disana."

Label:

Nasehat untuk Pemimpin

Saya ingin mengutip nasehat dari sebuah buku. Hal ini kadang menjadi sepele yang tidak pernah menjadi perhatian penting. Namun efeknya sangat menyedihkan, dapat merusak mental seorang manusia sampai akhir khayatnya. Inilah kutipannya:

Anak-anak amat peka terhadap lingkungan sekitarnya, termasuk apa yang berlangsung di tengah-tengah keluarganya. Sengketa yang terjadi di antara ayah dan ibu walaupun tidak secara langsung melibatkan diri anak-anak mereka, namun gelombang ketegangan yang ditimbulkan oleh sengketa tersebut secara otomatis akan merasuki batin anak-anak itu. Memang, secara lahiriah, anak-anak itu tidak menampakan reaksi, tetapi dalam benak mereka terjadi tanda tanya yang kelak akan keluar dalam bentuk perilaku yang tidak wajar.

Sikap orang tua yang kasar, baik itu sikap kasar antara suami-istri ataupun orang tua kepada anak-anak mereka, dan entah itu sikap kasar dalam bentuk kata-kata seperti kebiasaan mengumbar amarah dengan kata-kata kasar menyakitkan, memaki, membentak, berteriak-teriak sehingga seolah-olah atap rumah akan ambruk dibuatnya, ataupun bentuk kekasaran melalui perbuatan seperti memukul, menggebrak meja, atau melempar piring, semua bentuk perilaku kasar tersebut akan menciptakan suasana tegang dan rasa tidak nyaman di dalam hati anak-anak itu, sehingga mereka merasa tertekan apabila berhadapan dengan ayah atau ibunya yang kasar itu. Jiwa mereka tertekan, tetapi mereka tidak berani mengekspresikannya secara terang-terangan. Sedikit banyak kondisi negatif itu telah membuat kepribadian mereka menjadi tidak stabil.

Jadi teringat, ketika di Bandung saya memiliki seorang pimpinan yang benar-benar luar biasa. Tak pernah marah, tak pernah saya merasa disuruh, tak pernah merendahkan martabat siapapun, sangat menaruh perhatian yang tinggi terhadap setiap lawan bicaranya, pendengar yang baik, begitu ramah, begitu sayang kepada bawahannya.

Label:

Lelaki Sempurna

Betapa sempurnanya Rasulullah Muhammad SAW. Suri tauladan bagi kita semua.

Lelaki sempurna yang kuimpikan
Adalah seorang yang menenangkan jiwa
Lelaki sempurna seperti dia
Punya segala sifat indah tanpa cela

Lelaki sempurna berkiblat surga
Menyejukkan hati dengan akhlak mulia
Lelaki sempurna seperti dia
Menjadi penuntun dunia dan akhirat
Lelaki impianku

Al Amin jujur
Amanah dipercaya
Fathonah cerdas
Wafa' tepati janji
Tawadhu rendah hati
Al Birru berbuat baik
Siddiq benar
Zuhud bukan duniawi
Kanom dermawan
Tawakal sabar hati
Istiqomah berada dijalan lurus
Itulah sifat rasul
Sifat sifat sempurna
Sifat lelaki dambaan kita semua

Voices by Gita Gutawa

Label:

Ulang Tahun Dua Kali

Inilah hasil iseng2 ngerubah tanggal lahir sembarangan di social networks. Banyak ucapan selamat di hari yang salah, wuahahahah. Setaon ada dua kali ulang tahun. Untung pagi-pagi sudah terdeteksi sehingga tidak terlalu banyak korban berjatohan. Weheh, dasar iseng. Tapi gag tega ngasih taunya, cuman bisa ngaminin aja.. Sorry ya temen2 xixixi..

Label:

Rabu, November 10, 2010

Kenapa javascript menu berada di belakang drop-down/combobox?

Mungkin Anda pernah melihat sebuah menu yang tertutupi drop-down/combobox. Ternyata hal ini terjadi pada browser IE6. Sebuah bugs pada IE6. Informasi ini saya dapatkan di Tips #8 dari Visual QuickMenu. Selengkapnya adalah berikut :

Keep Subs on Top of Drop Down Lists in IE

Bugs in IE do not allow dynamic content to appear on top of select tags (drop down lists). To overcome this issue activate the 'Show Over Select Tags' add-on.

To activate this add-on choose 'Add-Ons --> Select Tag Fix (IE)' from the main menu.

Label:

Senin, November 08, 2010

Membuat Duplikat Tabel di Oracle

Pada Oracle, kita dapat membuat duplikat sebuah tabel dengan cara mudah seperti berikut:

create table nama_table_baru as select * from table_source

Hasilnya adalah tabel dengan struktur yang sama dan isi tabel yang sama pula. Thanks to Seto Yudantara :)

Label: ,

Rabu, November 03, 2010

Dooh Mudahnya Transfer Dana Via Klik BCA

Login di klik BCA di https://ibank.klikbca.com
Pilih menu transfer dana
Pilih menu Transfer ke Rek. BCA. Pilih rekening tujuan, jumlah dana yang akan ditransfer, respon key BCA, pilih transfer sekarang, lalu klik tombol lanjutkan.
Anda akan ditanyakan halaman konfirmasi. Masukan respon key BCA, lalu klik tombol kirim.
Setelah selesai, segeralah logout.

Nah mudah sekali kan? Transfer dana 10.000 sampai jutaan rupiah hanya dalam hitungan menit, ck ck ck. Tak perlu antri tak perlu ribet. Key BCA pun sangat mudah didapatkan tinggal minta saja ke KCU BCA terdekat.

Jadi tunggu apa lagi segera beli pulsa di blog ini, lalu transfer dananya pake klik BCA. Gag perlu pusing cari kios pulsa, gag perlu panas-panasan, gag perlu pusing ngitung kembalian, gag perlu khawatir harga yang mahal coz disini harganya murah2 (cek disinih). Yo lihat-lihat dulu deh harga pulsanya. Mudah banget kan????

Label: , ,