Fridayana Baabullah

Jumat, April 22, 2011

Facebook Connect Behind The Scene

Pas libur panjang ini pengen belajar facebook connect. Dengan facebook connect kita bisa membangun website namun menggunakan proses registrasi user dari facebook. Jadi user mendaftarkan diri mereka di situs kita menggunakan account facebook. Nice huh??

Setelah saya register new application di facebook, saya mulai dikit-dikit nyoba contoh kode dari facebook. Lalu mulai mengetahui fitur deauthorize callback url. Itu adalah url milik kita yang akan dipanggil oleh facebook jika user menghapus keanggotaannya dari situs kita melalui privacy setting account facebooknya. Sehingga kita dapat mengetahui siapa saja yang unregister dari aplikasi kita.

Bagaimana cara penggunaannya? Mudah saja, kita tinggal cantumkan callback urlnya, lalu di url tersebut kita lakukan proses unregister user. Hanya saja fitur ini beberapa hari kemarin mengalami masalah ini itu dan ini. Wah, padahal udah production. Ngeri juga ya.

Pelapor bugs ini mengatakan bahwa mulai tanggal tertentu, aplikasinya mendapatkan pesan yang salah dari facebook. Seharusnya aplikasi menerima user_id facebook yang benar (misal 93213923213), tapi yang didapatkan adalah hanya angka 0. Dengan begitu, aplikasinya kesulitan untuk melakukan unregister user.

Lalu beberapa facebook developer juga melaporkan hal yang sama. Ini merupakan isu serius yang harus diperbaiki segera.

Tim dari facebook dengan segera meminta contoh application_id dan signed_request untuk diinvestigasi. Selama investigasi tersebut, laporan-laporan masih terus bermunculan.

Lima jam kemudian, tim dari facebook telah mengetahui penyebab kesalahan ini dan akan segera memperbaikinya. Para pelapor terus memantau progress nya apakah sudah resolve.

Akhirnya, pada keesokan hari, tim dari facebook menyatakan bahwa issue telah diperbaiki. Yeaaaa!!!

Ingin tau apa-apa saja yang terjadi di belakang facebook setiap minggunya? Silakan berkunjung kesini

Ternyata itulah kegiatan-kegiatan yang terjadi dibelakang panggung facebook. Dari luar tampak sempurna dan berjalan mulus. Namun memang, kesalahan-kesalahan tersebut sangat cepat direspon dan diperbaiki. Salut!!!

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]



<< Beranda