Bingung Pilih Framework PHP

Mungkin kini Anda sedang bingung dalam menentukan framework PHP mana yang cocok untuk digunakan. Kalo begitu kita mengalami hal yang sama bung heheh.. Kenapa PHP? Karena saya tidak suka ngupload file war lalu aplikasi harus berhenti seluruhnya karena efek deploy/undeploy hanya untuk merubah satu business logic sederhana :p. Tapi saya akui, saya menyukai fitur OOP nya yang ditawarkan Java.

So, saya mencari-cari PHP framework yang berbasis true OOP namun tidak seberat dan seribet Zend. CodeIgniter saya pikir masih mixed OOP. TBS/Tiny But Strong pilihan powerfull untuk templating engine, namun secara alami tidak menyediakan fitur MVC. TBS menyerahkan sepenuhnya kepada kita implementasi MVC yang ingin digunakan.

Ternyata mbah google ngasih tau ada satu PHP Framework yang kini sedang hot. Disebutkan sebagai framework terpopuler dari framework lain. Hemm, menarik sekali. Apalagi saat saya berkunjung ke homepagenya disitu disebutkan true OOP, high performance dengan segambreng fitur yang bikin saya ngiler. Beberapa fitur yang biking ngiler : Support MVC, DAO support, AJAX enabled, authentication support, detailed documentation dan tentu saja purely object oriented.

Ketika saya download, ukurannya pun tak terlalu besar. Tidak lebih besar dari 3MB. Saya intip dokumentasinya, wuih class reference nya lengkap pooolll.. Plugin-pluginnya juga keren-keren. Ada sebuah plugin yang menurut saya menarik, namanya edownloadhelper. Plugin tersebut bisa digunakan untuk fitur download a file with resume, stream and speed options.. Ck ck pretty impressive!.

Dan tentu saja, fitur oke yang tadi itu ditawarkan secara gratis. Framework yang saya bicarakan ini bernama YiiFramework. Telah selesai saya download, tinggal coba ketangguhannya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mercon Buaya