Fridayana Baabullah

Rabu, September 08, 2010

EatMonster - Cara Seru Update Status Facebook

Kemarin iseng-iseng ngisi waktu senggang dikantor buat ngoprek facebook platform. Dari dulu pengen banget bikin satu aplikasi facebook sederhana tapi yang bener-bener jalan. Akhirnya kepikiran buat bikin aplikasi update status tapi disertai dengan gambar-gambar lucu yang menggambarkan suasana hati kita saat itu a.k.a emoticon. Aplikasinya harus sederhana namun bermanfaat, paling tidak masih enak dilihat :D.

Mulailah mengumpulkan berbagai tutorial, dokumentasi, API, browsing sana, browsing sini. Ternyata si facebook platform ini udah mau meninggalkan teknologi FBML dan mulai beralih ke IFrame di penghujung tahun 2010 ini. Hemm, pilihan SDKnya hanya dua yaitu PHP SDK dan JavaScriptSDK karena kedua pilihan itulah yang lebih saya kuasai dan lebih saya sukai.

Jika menggunakan PHP SDK akan lebih mudah namun experiencenya kurang banget. Si user perlu submit hanya untuk update status. Sedangkan kalo pake JavaScriptSDK kita hanya perlu ajax dan tak perlu beranjak ke halaman-halaman lain. Cukup satu halaman itu saja yang diakses user. Dengan SDK tersebut saya bisa mengakses semua fitur dari Facebook Graph API

Lalu lahirlah sebuah nama untuk aplikasi ini. Namanya adalah eatmonster. Heuheu,, awalnya sih iseng aja. Tapi kalo dipikir-pikir nyambung juga deh. EatMonster ~ Emote. Hahahaha..

Eatmonster adalah aplikasi facebook untuk mengupdate status facebook namun disertai dengan emoticon yang lucu-lucu. Konsep aplikasi eatmonster ini adalah sebagai berikut. User di berikan banyak pilihan gambar emoticon yang lucu-lucu, setelah memilih gambar, si user dapat mengisi status update dan sedikit description. Setelah semua diisi, si user tinggal tekan tombol share. Selesai deh.

Nah behind the scenenya seperti ini. Ketika user klik pada tombol share untuk submit form, si aplikasi melakukan validasi sederhana terlebih dahulu. Aplikasi harus memastikan user telah memilih gambar dan mengisi status update. Jika validasi ok, maka aplikasi akan mengecek apakah current user sudah memberikan hak akses publish_stream kepada aplikasi. Jika belum maka aplikasi akan memunculkan popup konfirmasi authorized/login. Setelah user melakukan authorized maka aplikasi akan langsung memanggil API /me/feed untuk mempostkan update status tersebut. Selesai deh.

Sekarang giliran Anda untuk mencoba aplikasi ini, visit ya http://apps.facebook.com/eatmonster

Label: ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]



<< Beranda