Fridayana Baabullah

Minggu, September 19, 2010

Blogger For Mobile


Alhamdulillah akhirnya selesai juga implementasi Blogger API. Yeahh,, tos dulu ahh sama jingkrak-jingkrak... Engga lupa setel musik metal sama tiup terompet untuk merayakannya... Heuheuheu :D

Awalnya saya cuman pengen tau implementasi OAuth di Google. Apakah semudah implementasi OAuth di Facebook? Ternyata agak sedikit sussah. Banyak yang harus dipelajari lagi. Untungnya client librariesnya udah keren-keren dan sangat-sangat memudahkan. Saya pilih client library versi PHP yang didevelop oleh Zend.

Gdata API yang saya expose adalah Blogger API. Rencananya pengen buat web pages yang bisa nampilin postingan blog kita, trus bisa posting sama hapus postingan. Kita tau kan, kalo posting blogger itu ribetnya minta ampun. Mesti login dulu ke blogger, pilih blog, create post. Dan resource yang diload pun cukup gede. Nah saya pengen bikin yang simply, lightweight, cocok untuk mobile devices.

Setelah siang malam begadang riset cari tutorial (walo gag jadi begadangnya) akhirnya kunci kerja OAuthnya Google mulai kebaca. Konsepnya mirip seperti Facebook (karena memang cara kerja OAuth dimana-mana sama sih :p), palingan beda di manajemen tokennya.

Proses pengambilan access token bisa diuraikan secara sederhana sebagai berikut:
  1. Aplikasi akan meminta request token dari OAuthRequestToken endpoint.
  2. Setelah dapet request token, kita harus mengotorisasi token tersebut. Caranya adalah dengan meredirect user ke OAuthAuthorizeToken URL. Biasanya nanti akan muncul kotak dialog login Google Account (kalo memang belum login) dan muncul konfirmasi apakah account google anda membolehkan aplikasi mengakses resource Blogger API.



  3. Setelah user memberikan akses, user diredirect kembali ke aplikasi.
  4. Setelah dapat request token yang telah diotorisasi, lalu langkah terakhir adalah mengupgrade authorized request token tersebut menjadi access token melalui OAuthGetAccessToken endpoint. Dengan mendapatkan access token maka kita bisa memanggil fungsi-fungsi di Blogger API.
Ribet memang, tapi untungnya proses tersebut telah di enkapsulasi oleh client libraries, yippiiii..

Nah, rilis pertama aplikasi Mobile Bloggernya kira-kira beginih:

Homepage

List Blog Milik Kita

List post yang ada di blog yang kita pilih

Form create post

Tampilan post


Mobile Blogger adalah situs sederhana yang dapat digunakan untuk melakukan tugas-tugas blogging yang sering dilakukan seperti posting dan menghapus post. Tampilan Mobile Blogger sangatlah sederhana disesuaikan dengan kemampuan handheld devices seperti handphone, blackberry, iphone maupun smartphones lainnya.

Anda tidak perlu khawatir mengenai keamanan account. Karena Mobile Blogger tidak menyimpan sama sekali data-data pribadi Anda. Mobile Blogger hanya mediator antara Anda dan Blogger API.

Aplikasi ini dihosting di alamat http://gdata.6te.net/blog . Heuheu, masih numpang di situs gratisan. Yah namanya gratisan.. sering disconnect.. Jadi harap maklum yaa... Enjoy and share it.

Label: , ,

2 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]



<< Beranda