Fridayana Baabullah

Sabtu, Agustus 21, 2010

Olahraga Saat Puasa/Shaum

Bagi yang sudah kadung rutin berolahraga lalu menghadapi bulan puasa ini mungkin mengalami dilema. Di satu sisi ingin sekali menjalankan puasa dengan baik (baca: engga capek), di sisi lain selalu saja muncul keinginan-keinginan untuk melakukan olahraga.

Sama seperti saya, minggu pertama puasa saya absen keliling UI. Dan minggu ini rasanya gag rela jika harus absen lagi. Dari beberapa situs saya dapet tips biar bisa tetap berolahraga tapi puasanya tetap lancar juga. Berikut ini tips-tipsnya:

Timing

Jika Anda biasa melakukan olahraga di pagi hari, mungkin harus sedikit merelakan diri untuk melakukannya di sore hari menjelang berbuka. Lakukanlah olahraga sampai tepat berbuka puasa. Dan lakukan olahraga secara bertahap. Waktu ideal untuk awalan adalah 30 menit sampai 1 jam menjelang berbuka.

Untuk yang senang olah raga keras dianjurkan untuk melakukannya sekitar jam 20.30. Dihitung 2 jam istirahat setelah berbuka. Dan asupan air juga minimal sebanyak 2 liter.

Jenis Olahraga

Tergantung kebiasaan juga sih. Bisa bersepeda, joggin, bulu tangkis, senam, futsal, fitnes, dll. Namun porsi nya disesuaikan dengan kondisi dan kemampuan Anda. Anda tentu bisa menilainya sendiri. Olahraga berat akan menguras tenaga, kekurangan cairan atau dehidrasi, apalagi jika tinggal di daerah iklim panas.

Persiapan

Ketika sahur konsumsilah cukup air. Setelah puas berolahraga, dianjurkan untuk segera berbuka (tentu setelah masuk waktu berbuka :D).

Pak Susno aja walaupun ada di rumah tahanan, beliau tetap berolahraga. Beliau melakukan olahraga kecil seperti loncat-loncat, banyak lari-lari. Pak Susno mengatakan bahwa selama 106 hari mendekam di rumah tahanan, baik di Mabes Polri maupun Rutan Brimob, Depok, bobot badannya turun lima kilogram. Selain karena banyak pikiran, beliau juga mengaku hal tersebut terjadi karena ia gemar berolahraga di sel-nya.

Heuhue, jadi gag sabar untuk segera melaksanakannya sore ini.. Yoo mari kita berburu keringat, melepas penat :D !!

Label: , ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]



<< Beranda