Fridayana Baabullah

Rabu, Mei 05, 2010

BareTail - Free Log Monitoring Tool

Kadangkala kita perlu untuk melihat log file hasil keluaran aplikasi. Namun hal ini sangatlah menjemukan. Betapa tidak, layar hitam, tulisan putih, timestamp dimana-mana, scrolling tiba-tiba, dll. Mungkin jika Anda bekerja di lingkungan unix akan terbantu dengan tool bernama tail. Nah, bagaimana dengan pengguna windows?

Beberapa waktu kemarin, saya dikenalkan dengan sebuah program kecil (yups hanya berukuran tidak lebih dari 300kb) namun begitu powerfull. Program ini bisa dianggap sebagai tail-nya microsoft windows. Namanya adalah BareTail keluaran dari Bare Metal Software. Program ini gratis. Fitur yang paling saya sukai adalah highlighting dan follow tail. Mirip dengan tail namun dengan user interface yang lebih manusiawi :D.

Dengan adanya fitur highlighting, kita dapat memberi warna untuk log error dengan dominasi merah, fault dan warning dengan warna kuning, info atau debug dengan warna hijau. Sesuka kita saja.

Dari situs resminya http://baremetalsoft.com/baretail, BareTail bisa menghandle banyak sekali character sets internasional dan beragam format file. Ukuran file yang bisa dibaca pun bisa sampai bergiga-giga. Dari screen shot yang ada di situs tersebut memperlihatkan BareTail sedang membaca file log berukuran 5.4 Giga.

Dengan BareTail ini, pekerjaan membaca log menjadi hal yang sangat menyenangkan. Selamat mencoba!

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]



<< Beranda