Fridayana Baabullah

Selasa, Januari 05, 2010

Jembatan Cirahong, Eksotis penuh Misteri

Warga Ciamis mana yang tidak tahu jembatan kereta api cirahong? Jembatan yang eksotis dan menyimpan banyak misteri ini sungguh-sungguh menawan. Lokasi yang terpencil, jauh dari keramaian, masih dikelilingi banyak pohon-pohon besar alami dan pastinya berfungsi menghubungkan jalur kereta api kota Tasik dan Ciamis yang dibelah oleh sungai Citanduy.

Selain sebagai jembatan kereta api, jembatan cirahong ini juga berfungsi sebagai jembatan umum untuk kendaraan mobil, motor. Bagian atas jembatan ini digunakan untuk jalur kereta api, sedangkan dibawahnya digunakan sebagai jembatan umum. Karena jembatan umum ini hanya muat untuk ukuran satu buah mobil jadinya digunakan sistem buka tutup yang dikelola secara swadaya oleh masyarakat di daerah sana.


Saya akui memang eksotis.. dan kiranya sebagian orang pun akan mengatakan seperti itu. Buktinya adalah tempat ini akan ramai sekali dikunjungi pasangan kawula muda (dan tua :D) di sore hari untuk menikmati keindahannya jembatan cirahong. Mereka bisa menikmatinya di warung-warung bambu yang ada disekitar jembatan sambil menyantap gorengan dan kopi hangat. Pada pagi-siang hari, orang-orang sering memanfaatkan jalur alternatif yang menghubungkan kota Tasik dan Ciamis ini.

Dan satu dari sejumlah trip gogowesan favorit saya di ciamis adalah jembatan cirahong ini. Dari SMPN 2, belok kiri menurun cukup tajam lalu naik lagi sampai ke mulut jalan cirahong. Menukik lagi, berbelok tajam ke kanan sambil disuguhi pemandangan alam yang wah indah sekali, begitu asri, menyejukan jiwa raga :p. Puncak keindahannya adalah saat hampir menuju jembatan cirahong ketika melewati pinggiran jalan yang banyak pohon bambu muda liar memayungi jalan. Di balik pepohonan itu mulai terlihat jembatan megah nan eksotis seakan mengucapkan selamat datang kepada kita.. wiiih

Label: ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]



<< Beranda