Rute Sepeda Pedesaan di Ciamis

Sudah gatal rasanya kaki ini pengen gogoesan. Beberapa hari kebelakang cuaca dan situasi gag banyak mendukung untuk outing. Hari ini, hari ahad, cuaca cerah pas banget buat gogoesan ka pilemburan. Sarapan nasi kuning + peuteuy, setengah botol air putih hangat udah disiapkan biar gogoesanna semangat.

Rute sesepedahan kali ini belum pasti, ka lembur mana wae asal belum pernah dilewati sebelumnya. Dari Cibitung Girang saya arahkan ke Cigembor belok ke Cijantung. Lurus terus menuju Perum Kertasari. Dari sana sudah tercium aroma pilemburan, hahahaha. Udah mulai keliatan imah-imah panggung, kebon awi, sawah, leuwi, saung, pasir-pasir leutik :) . Di sekitar Perum itu ada sebuah rumah makan bakar ikan (namanya lupa ehh). Tempatnya ditengah sawah tapi terjangkau oleh mobil kok. Luas, datar, cocok banget buat botram bersama keluarga besar. Ada banyak balong dan halaman. Sekitar 10 saung lesehannya tersedia luas. Anak-anak pasti suka main disana. Buat yang pengen mancing pun kelihatannya bisa.

Sepeda terus digoes rada nanjak saeutik, trus muduuuun ngalewatan kebon awi nu hieum. Nanjak deui, muduun deui. Sora tongeret khas kebon awi saling sahut-sahutan, hemm. Entah sudah sampe di lembur mana yang pasti masih ada angkot 10 yang lewat. Aku ikuti arah angkot itu, melewati jalan aspal kecil yang membelah pesawahan. Masuk desa, keluar lagi. Begitu seterusnya sampai sebuah tanjakan yang gaul abis hehehehe. Tanjakannya tak menyisakan aspal sama sekali, hancur dihajar hujan, hanya batu-batu sebesar setengah genggaman tangan orang dewasa yang tersebar merata. Haduh, ripuh mamang teh. Terpaksa deh TTB :( .

Alih-alih ternyata mamang udah nyampe Kecamatan Cijeungjing. Berarti harus terus ambil ke kiri biar muter ke Ciamis lagi. Speed mulai diturunin, menikmati suasana pilemburan yang dilewati. Beuh, serasa di film-film ketika Jet Li melintasi jalan setapak di hutan. Bedanya kalo Jet Li naek kuda, ai mamang mah naek sepedah hahahah. Di pinggir jalan banyak kebon awi, dari celah-celah awi kelihatan dibawahnya ada sawah menghampar luas berbatas pasir-pasir rendah. Kadang lewat jalan yang sepi banget, taunya pas dilihat kanan-kiri ternyata pemakaman heuuuu.. ngebut maaaang!!

Makin jauh entah kemana, akhirnya mulai ketemu pertigaan yang rada rame. Kata orang disana, kalo ke kanan ke arah antah berantah (heuu lupa), kalo ke kiri ujungnya ke Ciamis. Saya putuskan ke arah kiri biar bisa cepet pulang coz udah rada siang. Jalan yang dilewati lebih ramai, banyak perumahan tapi masih berasa aroma lembur nya. Najak deui, mudun deui tiba-tiba setelah tanjakan saya lihat sebuah bangunan besar bernuansa merah dan putih. Ternyata itu POM Bensin Baregbeg!!!! Hahahaha, gag nyangka kok keluarnya di Baregbeg yach heuhuehue....

Dari Baregbeg mah mamang udah tau jalan dong. Ke arah kiri terus, ntar lewat UNIGAL (Universitas Galuh), Taman Raflesia dech. Xixixi, jauh juga ternyata gogoesan hari ini. Tapi seru, loba kesang nu ka ala. Heheheh, segeeerrrr...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mercon Buaya