Fridayana Baabullah

Kamis, Januari 08, 2009

Tips Aman Menggunakan Friendster


src="http://static.howstuffworks.com/gif/friendster-homepage.jpg"
alt="Friendster Homepage"
/>


Friendster adalah situs social networking yang cukup populer akhir-akhir ini. Para penggunannya bisa menambahkan data pribadi, foto-foto, kemudian tersedia layanan komentar/testimonial dari teman-temannya. Saking pribadinya maka tidak sembarang orang bisa melihat data tersebut. Bagi orang-orang tertentu ini bisa melahirkan rasa penasaran. Mereka ingin melihat profile pribadi orang lain. Cara yang dilakukan pun bermacam-macam. Dari mulai friend request, sampai cara-cara ilegal.



Ternyata banyak juga orang-orang melakukan cara-cara ilegal untuk melihat profile pribadi orang lain. Ini bisa terlihat dari banyaknya topik yang mengacu kepada cara-cara ilegal mendapatkan akses kepada data pribadi orang lain di situs friendster. Coba saja klik disini untuk melihat topik-topik yang berkaitan dengan cara-cara ilegal tersebut.



Terlepas dari motivasi-motivasi mendasari aksi mereka, tentu nya kita harus lebih ekstra hati-hati ketika menggunakan friendster. Beberapa tips berikut mudah-mudahan masih relevan untuk menghindari pencurian data pribadi di friendster:




  • Pastikan bahwa situs yang kita buka adalah benar-benar situs friendster yaitu http://www.friendster.com/. Karena bisa jadi situs yang tampak sedang Anda buka bukanlah situs friendster sebenarnya, walaupun tampilannya sama persis dengan aslinya. Alamat situs yang sedang kita buka biasanya muncul di address bar, status bar, dan title bar.


  • Jangan sembarangan menerima testimonial, komentar, flash dari orang lain.


  • Gunakanlah password yang sulit ditebak, hindari penggunaan nama, tanggal lahir, kota, dsb sebagai password kita. Ubahlah password secara periodik.


  • Jangan sembarangan melakukan klik terhadap link-link terkait dengan friendster. Kita harus benar-benar yakin bahwa link tersebut memang link friendster yang valid.



Jadi intinya adalah kita harus berhati-hati, siapa tau "secret admire" Anda sedang melancarkan aksinya untuk mendapatkan foto pribadi Anda. Jadi... salah siapa fotonya bikin penasaran orang lain, hayoo! :)

Label: ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]



<< Beranda